Kuota Bidik Misi Turun Drastis, Ratusan Calon Mahasiswa Baru IPB Terancam Gugur

Posted on Posted in News

Banyak calon mahasiswa terancam tak kuliah, IPB perpanjang pendaftaran

IPB (id.wikipedia.org)

Jakarta (ANTARA News) – Institut Pertanian Bogor (IPB) memperpanjang masa pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa baru dari sebelumnya berakhir 2 Juni menjadi 8 Juni 2016 hingga pukul 16.00 WIB.

“Bagi calon mahasiswa baru yang betul-betul memerlukan perpanjangan waktu diberi kesempatan untuk melakukan pembayaran sampai tanggal 8 Juni 2016 pukul 16.00,” sebut pengumuman IPB pada lamannya, Kamis.

Selanjutnya, registrasi mahasiswa baru dapat dilakukan pada 9 dan 10 Juni di Kampus IPB Darmaga, Bogor.

Sebelumnya diberitakan sekitar 400 calon mahasiswa baru IPB terancam gugur karena masalah biaya sehingga tidak mampu membayar UKT hingga 2 Juni 2016 karena kuota program Bidik Misi IPB turun drastis tahun ini.

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan. Berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi, bidikmisi berfokus kepada yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi.

Namun demikian banyak calon mahasiswa ini pintar namun benar-benar tidak mampu.

Melihat kondisi ini, Himpunan Alumni IPB dalam lamannya menyebutkan sedang berupaya menggalang dana untuk membantu calon mahasiswa init, antara lain melalui program anak angkat.

Upaya menggalang dana itu juga dilakukan melalui berbagai media sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *