HA IPB Berhasil Kumpulkan Donasi Rp 1,1 Miliar

Posted on Posted in IPB

Kampus IPBREPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Mungkin tidak berlebihan kalau dikatakan ini adalah sesuatu yang luar biasa. Himpunan Alumni Insitut Pertanian Bogor (HA IPB) berhasil mengumpulkan donasi untuk para calon mahasiswa baru (camaba) yang berasal dari keluarga tidak mampu, lebih dari Rp 1 miliar dalam waktu seminggu.

“Hingga Selasa (7/6) pagi pukul 08.30, dana bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang masuk ke rekening Himpunan Alumni IPB mencapai Rp 884 juta lebih. Alhamdulillah, Selasa sore ini jumlah donasi tersebut sudah menembus Rp 1,1 miliar,” ungkap Sekjen DPP HA IPB Nelly Osmini kepada Republika, Selasa (7/6).

Dengan pencapaian tersebut, kata Nelly, insya Allah persoalan pembayaran UKT oleh para camaba IPB Angkatan 53 yang berasal dari keluarga tidak mampu akan teratasi. “Batas akhir pembayaran UKT tersebut adalah Rabu, 8 Juni 2016. Batas waktu tersebut telah diperpanjang oleh Rektor IPB dari jadwal semula, yakni 2 Juni 2016,” tutur Nelly.

Nelly menambahkan, sejak minggu lalu HA IPB bergerak bersama-sama dengan para alumni mengumpulkan donasi bagi sekitar 400 camaba IPB Angkatan 53 yang terancam gugur karena belum membayar UKT.

Hal itu disebabkan jatah Bidikmisi (bantuan dari pemerintah untuk mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu) untuk IPB tahun ini menurun drastis dibandingkan tahun sebelumnya. Kuota yang tersedia hanya 270 orang (10 persen dari jumlah total camaba IPB Angkatan 53 yang berasal dari jalur undangan atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang tahun ini mencapai 2.700 orang).

Sedangkan jumlah pelamar Bidikmisi mencapai 700 orang, sehingga ada 430 orang yang tidak mendapatkan Bidikmisi dan mereka tidak mampu membayar UKT. “Namun setelah diverifikasi ulang, jumlah yang betul-betul membutuhkan dana bantuan tersebut adalah 280 orang,” tuturnya.

Nelly mengemukakan, HA IPB telah menyiapkan sejumlah langkah untuk para camaba Angkatan 53 tersebut. “Jangka pendek adalah menggalang dana untuk membantu UKT 280 camaba. Alhamdulillah target tersebut tercapai,” papar Nelly Osmini.

Kepala Biro Hukum, Promosi dan Humas IPB Yatri Indah Kusumastuti menyambut baik langkah-langkah yang telah dilakukan oleh HA IPB dalam membantu para camaba Angkatan 53, khususnya mengumpulkan donasi untuk membayar UKT. “Ternyata semangat para alumni untuk membantu adik-adik camaba luar biasa,” kata Yatri Indah kepada Republika, Selasa (7/6).

Yatri menambahkan, di samping bantuan yang masuk melalui HA IPB, banyak pula bantuan yang diberikan langsung oleh HA yang berbasis angkatan dan fakultas. Belum lagi yang berbasis daerah. “Kita tidak pernah menduga begitu tingginya solidaritas alumni kita,” tutur Yatri Indah Kusumastuti.

SUMBER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *